Ini adalah kelanjutan dari tulisan ane sebelumnya.Kalo melihat dari grafik yang ditampilkan Om Edo di sini…dan di sini….Jelas di segmen mid dan high level lah yamaha kalah sangat telak.Bagaimana tidak Mio soul sangat tidak berdaya oleh gabungan vario cw dan scoopy.Memang secara head to head Mio soul masih lebih baik penjualannya di banding vario cw ataupun scoopy.Tapi apabila jumlah penjualan scoopy dan Vario cw digabungkan maka market Mio Soul jelas kalah telak.Di sinilah menurut ane kunci kemenangan penjualan skutik AHM. Tidak adanya produk dari kompetitor yang segmennya sama dengan Scoopy,jelas membuat AHM sangat amat menikmati penjualan skutik retro tersebut yang memang menurut ane cukup berhasil.Seharusnya YMKI sebagai kompetitor utama dari AHM dapat membaca potensi ini dan mengeluarkan Yamaha Fino secepatnya.Ane sangat yakin Yamaha Fino akan sangat diterima konsumen Indonesia bahkan mungkin lebih baik dari Honda Scoopy.Karena menurut ane model Yamaha Fino lebih bagus dari Scoopy IMHO…( menurut pendapat pribadi ane loh yach ).
Nah untuk segmen skutik high level,sepertinya inilah PR paling berat yang harus dipecahkan oleh manajemen YMKI.Bagaimana tidak,penjualan Yamaha Xeon sangat tidak berdaya menghadapi Honda Var-Tech.Selisihnya pun sepertinya sangat jauh sekali.Nah menurut sobat-sobat semua,langkah apa sih yang harus diambil oleh para petinggi YMKI agar keperkasaan AHM di segmen skutik mid dan high level dapat sedikit terbendung.Karena kalo manajemen YMKI tidak cepat bertindak,maka bukan tidak mungkin di segmen inilah penjualan skutik honda akan semakin meninggalkan penjualan skutik yamaha.Monggo di share….
lagi kurang suka ma matic … peengen yang gede2 sekarang mah ..
BTW, Fino lucu juga …
yaaach menurut ane juga gituh…sayang kalo ga’ dikeluarin 🙂
tapi bagusan scoopy……..
yaaaaach tergantung sudut pandang orang juga siiiich !
Titik lemahnya YMKI hanya ada di team BC nya Honda wkwkwkwkwk
wkwkwkwkwkwkwk siapa tuuuuuuuuuuuuuuuuuch
menurut ane, selain ngeluarin fino, ymki juga harus berani ngeluarin nouvo elegant …. dan yang terpenting ymki harus nambah kapasitas produksi & waktu produknya booming harusnya berani juga ngeluarin produk baru untuk regenerasi produk lama, bukannya nyante2 seperti sekarang, begitu kompetitor bergerak baru deh gelabakan …
bravo indonesia bikers … keep savety riding
aaaa
menurut ane … selain ngeluarin fino, ymki juga musti ngeluarin nouvo elegan …
dan yg lebih penting harus tambahin tu kapasitas produksinya …
serta klo produknya laku, harus tetap inovasi ngeluarin produk baru untuk gantiin produk lama meskipun produk itu lagi booming (jadi bisa jalan pararel dulu sementara ….)
ga seperti sekarang, begitu kompetitor ngeluarin produk2 baru, baru deh kelabakan ….
oyaa .. satu lagi buat ymki, selametin tuh segment motosport dengan produk baru … sebelum habis sekalian …
naaaah pemikiran ane juga begitu…kalo yamaha xeon ngga bisa di harapkan harus ada varian lain yang kira-kira dapat menandingi keperkasaan var-tech 🙂
sekarang baru nyadar yg semakin jelas ketinggalan siapa,,,ikon nya dah lepas baru ngeh
ya seharusnya jangan terlalu tergantung dengan ikon sich 🙂
se7777777777777777777777777777………..
xeon keok karena desainnya jelek abis. dari lampu depan sampe lampu belakang keliatan banget overpresnya.
bisa jadiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii 🙂
Mosoook…………………
xeon itu keren lho….
nie buktinya
http://mariodevan.wordpress.com/2011/07/12/xeon-modif-touring-part-2/
pamer motor sendiri :p
wah, udah bagian 2 toh …. ikut nyimak
* mulai dari bagian 1 dah …
wkwkwkwkwkwkwk iya kang,salam kenal !
setuju nih.jangan cuma digedein cc nya.tapi tambah jenis atau modelnya.agar konsumen banyak pilihan
Xeon lama memang kurang bagus warnanya. Coba YMKI Produksi Xeon baru yg merah putih diperbanyak sampai 50% & proses pengiriman yg selama ini lambat distribusinya diperbaiki pasti Vario 110cc akan keok di bandingkan Xeon 125cc. Yang lebih penting lagi, kekalahan Yamaha sekarang ini karena strategi yang salah dari YMKI yg menyebabkan dealer Yamaha saling bantai sendiri, Dealer besar membantai dealer kecil, GM DDS & Main Dealer yg sok pintar yg mengatur unit tanpa tanya sama dealer yg di lapangan. Coba YMKI naikkan produksi Byson, V-Ixion, MX dan prioritas pemilihan warna yg di produksi sesuai permintaan dealer / konsumen & STOP PRICE WAR & STOP PEMBANTAIAN Dealer pasti Honda nggak ada masalah.
tapi ane ngga yakin xeon dapat megalahkan var-tech dari sisi penjualan ?
Yamaha smakin pasrah Gkgkgkgk panTas
wkwkwkwkwkwk mudah2an ngga semakin pasrah yaaaaaak !
Terus terang saya lebih senang baca tulisan sampeyan di blog ini ketimbang di blog orang lain om hehehe…, Saluttt..
terima kasih mas atas kunjungannya.semoga saya makin banyak masukan-masukan yang membangun dari para senior,hehehehehehehehehe 🙂