RASIO KOMPRESI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMAKAIAN BBM !!!!!

Bro-bro sekalian kali ini ane ingin membagikan sedikit pengetahuan ane yang dulu ane pernah peroleh di sekolah.Kali ini ane akan menjelaskan tentang rasio kompresi dan apa sih hubungannya dengan pemakaian bbm.Rasio kompresi adalah perbandingan volume silinder ketika piston berada pada TMB ( titik mati bawah ) dengan ruang di atas piston pada saat piston mencapai TMA ( titik mati atas ).Biasanya rumus yang berlaku untuk menghitung rasio kompresi adalah Cr = Vs+Vr/Vr.

ket :   Cr = Compretion Ratio

Vs = volume silinder mesin

Vr = volume ruang bakar

Lalu apa sih hubungannya dengan pemakaian bbm ?????

Sebagaimana kita ketahui bersama pada bbm seperti bensin atau solar terdapat nilai oktan.Nilai oktan menentukan titik nyala yaitu kemampuan bahan bakar menerima tekanan kompresi pada perbandingan tertentu.Misalnya bbm premium dengan oktan 88,tahan terhadap tekanan dengan perbandingan kompresi di bawah 9:1.Atau pertamax dengan oktan 92,tahan terhadap tekanan dengan perbandingan kompresi di atas 9:1 s/d 10:1.Lantas bagaimanakah bila sebuah mesin diberi bbm yang tidak sesuai dengan perbandingan kompresinya.Kalo misalkan mesin dengan perbandingan kompresi 9:1 diberi pertamax atau dengan kata lain oktan yang lebih tinggi,tidak ada masalah malah lebih bagus tapi jangan harap ada kenaikan tenaga.Hal ini dikarenakan kompresinya rendah.Tapi,bila sebuah mesin dengan kompresi tinggi diberi bbm dengan oktan yang lebih rendah akan menimbulkan banyak masalah salah satunya engine knocking atau detonasi.Apakah engine knocking itu ?.Kadangkala campuran udara+bahan bakar di dalam silinder dapat terbakar dengan sendirinya tanpa ada pemicu bunga api dari busi.Hal ini membuat piston dan batang piston mendapatkan tekanan secara tiba-tiba di dalam silinder sebelum mencapai titik tekanan optimal.Nah peristiwa campuran udara+bbm terbakar dengan sendirinya inilah yang disebut engine knocking.Dalam jangka panjang engine knocking dapat merusak mesin di antaranya menyebabkan setang piston bengkok,dan sebagainya.Untuk itulah agar kendaraan kita awet,sesuaikan bbm kendaraan kita dengan perbandingan kompresinya.Bagaimana bro-bro sekalian …….

Nb : Kalo ada yang keliru dari postingan ane,tolong di sempurnakan.Kalo memang benar semoga bermanfaat buat bro-bro semua.Thank’s.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

22 Balasan ke RASIO KOMPRESI DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMAKAIAN BBM !!!!!

  1. dave berkata:

    pertamax?

  2. tuwek imitasi berkata:

    *pelek peyang… cakram gouyang…*

  3. Nobita berkata:

    detonasi, knocking atau ngelitik di sebapkan oleh terbakarnya campuran bbm dalam ruang bakar sebelum waktu-nya/sebelum timing pengapian yang tepat…., dimana tekanan pembakaran menekan balik piston/torak yang sedang bergerak menuju TMA….
    detonasi dapat berakibat pada kerusakan mesin( seperti tertulis diatas) dan juga berakibat menurunnya performa motor…..
    untuk Motor Bensin, timing pengapian yang tepat bersamaan dengan memerciknya bunga api dari busi pembakar…..,
    sedangkan pada Motor Diesel yang tidak menggunakan busi pemantik, timing pengapian di tandai dengan semprotan bahan bakar dari injektor (nozzle), dimana sebelum nozzle menyemprotkan bahan bakar, udara di dalam ruang silinder di kompressi terlebih dahulu sampai pada suhu dan titik yang tepat untuk pembakaran…..

    pengapian yang pada Motor Bensin dapat setel/diatur maju atau mundur berdasarkan derajat posisi poros engkol sebelum atau sesudah TMA, dimana penyetelan harus disesuaikan dengan rasio kompressi.
    penyetelan dapat berpengaruh terhadap output tenaga serta karakter motor..

    sekedar share yang saya tahu, dan mohon CMIIW ya….🙂

  4. damhar berkata:

    nice share bro,lanjutkan!!

    Gakpunyajemuran.com

  5. Arif Rakhman berkata:

    masih blom ngerti nih….

    • begini mas bro dalam beberapa kasus,campuran udara+bbm di dalam silinder dapat terbakar sebelum timing pengapian yang tepat,karena tidak tahan menerima tekanan kompresi yang tinggi.Hal ini mengakibatkan piston mendapatkan tekanan balik secara tiba-tiba sebelum mencapai TMA ( tekanan kompresi yang optimal ).Kalo dibiarkan terus-menerus akan menurunkan performa kendaraan dan merusak mesin.Biasanya hal ini terjadi pada mesin berkompresi tinggi yang diberi bbm ber-oktan rendah….

  6. suzukin san berkata:

    wah.. tak kirain ada hubungannya dengan irit atau borosnya bbm , tapi nice info lah.

  7. uDien d'kab berkata:

    manteb dah sharingnya, ikut menyimak dan menyedot ilmunya …

  8. adi_blackvixi berkata:

    makanya penerintah harus mendistribusikan pertamax sampe di daerah dong..
    Ane di ambon aja ga ada pertamax..
    Vixi aman ga ya pake premium..??

  9. ipanase berkata:

    asekk, premium cukup dahh

  10. Joko berkata:

    @ Nobita
    Kelihatannya anda belum mengerti bedanya detonasi dan pre ignition. Kalau terjadi pembakaran sebelum busi menyala, itu pre ignition, dan tidak butuh waktu lama utk menghancurkan jeroan mesin. Detonasi terjadi setelah busi menyala, hanya terbakarnya bensin terlalu cepat, makanya memundurkan pengapian bisa membantu. Btw, kompresi hanya salah satu faktor saja, buktinya cs1 dgn kompresi 10,7 masih aman minum premium.

    • JAFFAR_LEGEND OF THE CRAZY HORSE berkata:

      sory mas bro,ane rasa detonasi hanyalah efek dari pembakaran yang tidak tepat.kalo di bilang memundurkan atau memajukan derajat pengapian bisa membantu tidak juga,di banyak kasus banyak motor berkompresi tinggi yang di beri bbm beroktan rendah mengalami berbagai masalah seperti tenaga drop,jeroan mesin bermasalah ,dan sebagainya CMIIW

      • Joko berkata:

        Ingat kasus cbr150 bisa minum premium? Itu krn ada sensor knocking, dan mengatasinya cukup dgn memundurkan timing pengapian, dgn resiko tenaga jadi turun. Pengapian dimundurkan utk mengimbangi pembakaran yg terlalu cepat. Cara lain yg gampang utk menghindari knocking dgn menurunkan gigi/menaikkan rpm, krn efisiensi volumetris mesin akan turun di putaran tinggi. Cs1ku sudah 3th minum premium masih sehat, masih bisa hampir 130kpj. Kenapa berani minum premium? Krn semua motor yg masuk melalui atpm, sudah diperhitungkan utk bisa minum premium. Kalau mesin sampai jebol, patut dicurigai bukan sekedar detonasi, tapi pre ignition, dan cara mengatasinya beda lagi.

      • Karen berkata:

        Si joko ini blo’on tp keras kepala, teorinya ngaco luar biasa.

      • Joko berkata:

        @ Karen
        Siapa bilang aku berteori, ini sudah dipraktekkan orang kok. Cerdas sedikit kenapa?
        http://www.misterfixit.com/deton.htm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s