FUEL INJECTION !!!!!

Well,brother semua.Kali ini ane akan membahas tentang injeksi bahan bakar.Apakah injeksi bahan bakar itu ?.Injeksi bahan bakar adalah suatu sistem pencampuran udara+bbm dengan cara menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar bertekanan tinggi.Sistem ini sebagai pengganti sistem pengkabutan dengan karburator.Pada sistem karburator,campuran udara+bbm terjadi pada ruang ventury di dalam karburator kemudian masuk ke ruang bakar baru di kompresikan.Sedangkan pada sistem injeksi,udara di hisap dahulu menuju ruang bakar kemudian dikompresikan,baru setelah itu bahan bakar disemprotkan melalui injektor.

sumber gambar : http://www.modified.com/tech/modp-0904-direct-fuel-injection/photo_02.html

Jadi pada dasarnya sistem karbu dan injeksi perbedaannya hanya terletak pada proses pengkabutannya saja.Pada awalnya sistem ini berupa mekanikal namun seiring perkembangan jaman berganti dengan elektronik.Sistem ini mempunyai banyak keuntungan di banding karbu.Di antaranya :

1.Campuran udara+bbm lebih presisi dan akurat,sehingga lebih hemat bbm dan performapun lebih baik.

2.Mudah dihidupkan dalam berbagai kondisi cuaca,karena adanya sensor suhu udara.

3.Perawatan lebih mudah karena tidak adalagi servis karburator seperti pada sistem pengkabutan konvensional,dan sebagainya.

Bagian-bagian dari sistem injeksi antara lain :

1.Fuel pump / pompa bahan bakar :

Berfungsi memompakan baham bakar dari tanki menuju injektor untuk disemprotkan ke ruang bakar.

2.Throttle body :

Sebagai tempat aliran udara masuk menuju ruang pembakaran melalui intake valve.Pada sistem injeksi,throttle body mempunyai banyak sensor untuk mengukur suhu dan tekanan udara yang masuk dan juga menentukan besaran bukaan katup throttle,di antaranya :

Mass Airflow Sensor ( Sensor MAF ) bertugas untuk mengukur jumlah aliran udara yang masuk menuju ruang bakar.

Manifold Absolute Pressure ( Sensor MAP ) bertugas mengukur besaran tekanan udara yang masuk menuju ruang bakar.

Throttle Position sensor ( Sensor TPS ) bertugas mengukur besaran bukaan katup throttle pada throttle body.

3.Injector :

Berfungsi menyemprotkan bahan bakar bertekanan ke ruang pembakaran sesuai dengan timing yang telah di tentukan oleh ECU / ECM.Perlu di ketahui lubang pada injektor sangatlah presisi oleh sebab itu sangat rentan terhadap bbm berkualitas buruk.Lubang injektor dapat tersumbat dan mengakibatkan kerusakan pada injektor sehingga mesin tidak dapat hidup.

4.ECU / ECM ( Electronic Control Unit )

ECU / ECM adalah otak dari sistem injeksi bahan bakar.Di sinilah letak berbagai pengaturan mulai dari timing pengapian,penyemprotan bahan bakar,pengukuran berbagai sensor-sensor elektronik yang ada,sehingga semua sistem dapat berjalan maksimal dan sesuai fungsinya.Sehingga kinerja optimal dari mesin dapat tercapai.

Nach,sobat-sobat semua mungkin ini saja yang dapat ane kemukakan tentang sistem injeksi.Sebenernya masih banyak hal-hal yang belum ane bahas di sini seperti sensor o2,bank angle sensor,dan lain-lain yang mungkin memerlukan pambahasan yang lebih panjang lagi.Maklum selain pengetahuan terbatas juga takut kepanjangan nantinya,hehehehehehe.Last,semoga dapat berguna buat sobat-sobat sekalian dan juga kalo ada yang mau menyempurnakan ane sangat amat berterima kasih sekali.Akhir kata,kalo ada yang kurang mohon di maafkan……thank’s !!!!!

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

8 Balasan ke FUEL INJECTION !!!!!

  1. adegondang berkata:

    mantap neh juragan motor bagi-bagi ilmu! mampir kewarung ane donks!🙄

  2. ipanase berkata:

    jossssssssssssssssssssss

  3. chi berkata:

    nice article ,, dah lama ane g nemu blog kaya gini ,, sip.

  4. nhd berkata:

    Biasakan cantumkan sumbernya, isi sangat dangkal (cuma definisi & basa basi non teknis yg gak berbobot) & udah gitu gak nyambung pula dgn tekno & device R2 (yg ente comot pic diesel combustion chamber, hello?).
    Belajar dulu lebih banyak & pahami ilmunya sebelum ngajari org, fbh… fbh…. malu2in ajah😀

    • hehehehehehehe oh iya yah ane lupa satu hal,kalo ruang bakar injeksi sistem bensin dan diesel hampir mirip.ane ga’ ngeh kalo yang ane tampilin itu ruang bakar diesel yang ada busi pijarnya.makasih masukannya,mungkin memang pengetahuan ente lebih baik dari ane……ane tunggu selalu kritikannya.thank’s

    • nach gambarnya udah ane revisi mas bro,satu hal lagi kalo ane jabarkan perihal sistem ini secara detail.bisa kepanjangan tulisannya mulai dari awal proses penghisapan udara luar melalui throttle body,bagaimana sensor-sensor pada throttle body bekerja mengukur tekanan dan suhu udara,bagaimana ecu memerintahkan injector untuk menyemprotkan bahan bakar sesuai pembacaan sensor-sensor yang ada,dll.nach ane hanya memberikan prinsip dasar dari sistem ini,mudah-mudahan mas bro bisa menyempurnakannya.thank’s !!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s