MENGENAL KARAKTER MESIN BERDASARKAN LANGKAH PISTONNYA !!!!!

Well,sobat-sobat semua dalam dunia permesinan seringkali kita mendengar istilah over stroke,over bore dan square.Apa sich artinya itu ????? Sebuah mesin di katakan over stroke apabila langkah pistonnya lebih panjang dari pada diameter pistonnya begitu juga sebaliknya dikatakan over bore apabila

original page                                                 diameter pistonnya lebih besar dari pada langkah pistonnya.sedangkan square apabila diameter dan langkah piston sama,cmiiw.Ambil contoh data motor yang sedang anyar di bicarakan saat ini yaitu Yamaha r15 ( diameter x langkah 57 x 58,7 mm ).Berarti Yamaha r15 menganut engine over stroke.Lantas apa sih hubungannya dengan karakter sebuah mesin.Seperti kita ketahui karakter mesin over stroke kuat di torsi tapi lemah di top speed,begitu juga sebaliknya karakter mesin over bore lemah di torsi tapi kuat di top speed.Mengapa demikian !!!!! Hal ini tidak lepas karena pada saat awal mesin dinyalakan memerlukan momen yang besar untuk dapat berputar.Nach,langkah piston yang panjang akan memberikan efek tekanan pada piston yang besar pada saat langkah usaha sehingga daya dorong yang di dapat oleh batang piston juga besar dan lebih mudah untuk mengerakkan crank shaft menjadi gerak putar.Perlu di ketahui juga tenaga yang di peroleh dari sebuah mesin terjadi pada saat langkah usaha yaitu ketika terjadi percikan bunga api dari busi yang membakar hasil kompresi campuran udara dan bbm dan mendorong piston dari TMA menuju TMB ( TMA=titik mati atas , TMB=titik mati bawah ).Nach,pada mesin yang menganut over bore piston mendapatkan tekanan yang lebih kecil ketika terjadi  pembakaran saat pertama kali mesin berputar karena langkahnya yang pendek.Sehingga daya dorong yang                              original page diterima batang piston juga kecil dan tentunya menyebabkan lebih sukar untuk mengerakkan crank shaft menjadi gerak putar.Itulah sebabnya kendaraan dengan karakter mesin over bore lebih lemot di putaran bawah-menengah di banding dengan karakter mesin over stroke.Tapi mampu mencapai rpm yang lebih tinggi,dikarenakan ketika mesin sudah mencapai putaran menengah ke atas tidak lagi memerlukan momen yang besar untuk berputar.Nach langkah piston yang pendek akan memberikan efek dorongan pada batang piston yang lebih cepat pada putaran rpm menengah ke atas sehingga lebih cepat pula untuk mengerakkan crank shaft menjadi gerak putar.Demikianlah bahasan ane mengenai karakter mesin over stroke dan over bore,semoga berguna buat sobat-sobat semua.Kalo ada yang kurang mohon ditambahkan kalo ada yang salah mohon koreksinya.Kira-kira kendaraan sobat-sobat semua memiliki karakter over bore apa over stroke yach,monggo sharenya……thank’s !!!!!

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

9 Balasan ke MENGENAL KARAKTER MESIN BERDASARKAN LANGKAH PISTONNYA !!!!!

  1. necel berkata:

    Trus kebanyakan moto gp pakenya overstroke apa overbore

    Download Dokumen Lewat Scribd

  2. dave berkata:

    nice share.. 🙂

  3. kilua berkata:

    nambah ilmu ilmu ni tapi paling afdol nyoba langsung…
    seperti ane dah nyoba satria fu ampe sempet kesemutan tangan gara2 getaran di stang dan jarak tempuh lumayan jauh, kirain CBR bakal sama aja soalnya karakter mesinnya mirip, sama2 DOHC sama2 over bore tapi ternyata jauh……. rasanya, honda thailand mantep bgt dah bikin motor DOHC halus ga da getaran 90an kmpj berasa 60 kmpj di motor lain soalnya motornya minim getaran dan anteng plus makin laju makin manyus… kebetulan yg ane coba All New CBR 150, mesin AHM au ah…

  4. say no to BC berkata:

    Jadi kalo yg square gimana? dari segi akselerasi dan top speed vs overbore dan overstroke. Jika ketiganya kubikasi sama di adu di jarak yg sama pula.

Tinggalkan Balasan ke dave Batalkan balasan